Di antara semua anggota atau organ tubuh kita, hati mempunyai status dan fungsi teristimewa. Hati adalah motor, motivator, atau penggerak anggota tubuh lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Tidak heran kalau dalam sebuah haditsnya, Rasulullah Saw menyatakan hati menjadi penentu baik-buruknya amal atau diri seseorang.

“Ingatlah, sesungguhnya dalam dirimu ada segumpal daging. Apabila segumpal daging itu baik, maka baik pula seluruh dirimu. Apablia segumpal daging itu buruk, maka buruk pulalah seluruh dirimu. Ingatlah, segumpal daging itu adalah hati.”

Hati adalah tempat lahirnya niat atau hasrat untuk bertindak. Itulah sebabnya, ada pendapat, niat shalat, puasa, atau ibadah mahdhah lain, tidak usah diucapkan atau dilafadzkan, cukup dalam hati saja. Dalam mengawali shalat tidak perlu mengucapkan “ushalli”, menjelang puasa tidak perlu membaca “nawaitu shauma…”, dan sebagainya. Hati juga adalah tempatnya takwa. Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah menyatakan “attaqwa hahuna” (takwa itu di sini) seraya menunjuk dadanya.

Kita sering mendengar orang mengatakan, “yang penting hatinya baik”. Hal itu benar adanya. Karena, Allah SWT pun tidak menilai apa pun dari diri kita kecuali hati dan amalnya. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menilai bentuk tubuhmu, suaramu, tidak juga rupamu, melainkan Dia menilai hati dan amalmu.”

Masih berkaitan dengan hati, dalam al-Quran ditegaskan, salah satu ciri orang benar-benar beriman adalah bergetar hatinya ketika mendengar nama Allah dan bertambah imannya ketika ayat-ayat-Nya dibacakan (Q.S. 8:2).

Dalam keseharian, kita sering mendengar orang berpesan atau memberi nasihat dengan ucapan: “Hati-hati!”. Ketika kita hendak pergi, kita dinasihati agar hati-hati; ketika hendak menulis, dipesankan agar hati-hati; ketika hendak bicara juga dipesankan agar hati-hati. Padahal, yang bekerja secara lahiriahnya adalah tangan, kaki, dan mulut. Itu menunjukkan, hati memang pokok atau pangkal segala amal.

Hati adalah tempat atau pusat segala perasaan (emosi). Rasa sedih, senang, marah, benci, dendam, dengki, cinta, dan sebagainya ada dalam hati. Kondisi hati berpengaruh kuat pada kondisi badan atau anggota tubuh lain. Orang yang sedang “tidak enak hati” akan nampak pucat wajahnya, lesu, tidak bergairah.

Kita harus berupaya agar jangan sampai hati kita sakit atau mengandung penyakit, sehingga hati bersih dan membersihkan amal.

Di antara penyakit hati itu adalah takabur (sombong), bakhil (kikir, pelit), hasad (iri, dengki), wahn (cinta dunia dan takut mati), dan lain-lain.

Imam al-Ghazali mengatakan, penyakit hati yang berupa sifat-sifat buruk dapat diobati dengan cara mengambil sesuatu yang merupakan perlawanannya.

“Penyakit bodoh dapat dilenyapkan dengan belajar yang tekun, penyakit kikir dengan bersikap dermawan, penyakit sombong dengan jalan merendahkan hati, penyakit rakus dengan menahan nafsu dari apa-apa yang diinginkannya dengan cara memaksa, demikian seterusnya,” demikian al-Ghazali memberi resep. Wallahu a’lam.*